Wali Songo dan teknik menghafalkannya

Akhirnya bisa berbagi tulisan lagi dengan pengunjung setia seputarpendidikansd.blogspot.com. Kali ini saya ingin berbagi teknik menghafalkan tokoh Wali Songo yang tentu saja jumlahnya ada 9 orang. Mungkin bagi sebagian besar orang sudah hafal dengan Wali Songo. Namun bagi anak Sekolah Dasar yang baru belajar tentang Wali Songo tentunya akan mengalami hambatan untuk menghafalkannya. Nah, untuk itulah saya ingin berbagi pengalaman dengan pembaca sekalian untuk menghafalkannya. 

Tekniknya sangat sederhana, yaitu otak manusia sukanya pada hal yang aneh, unik, berkesan, dan lucu. Keempat hal inilah yang menginspirasi saya untuk mengajarkan pada siswa saya bagaimana menghafalkan nama-nama Wali Songo. Karena saya menyadari mereka masih sulit untuk menghafalkan jika hanya membaca dengan berulang-ulang. 

Eits, namun sebelum kita lanjutkan lebih jauh, mungkin dari pembaca sekalian bisa menyebutkan tokoh Wali Songo? Cobalah Anda sebutkan lalu periksalah jawabannya di bawah ini. (Sangat saya rekomendasikan agar Anda mencoba terlebih dahulu mengingat tokoh Wali Songo sebelum melihat jawabannya). Silahkan dicoba ya......!





Ok, mari kita cocokkan jawabannya dengan data di bawah ini:  ( Hitunglah berapa tokoh yang sudah Anda sebutkan!)
Wali Songo:

Kesembilan tokoh di atas bisa mudah kita hafalkan dengan metode bercerita. Berikut adalah salah satu contoh metode bercerita dan imajinasi yang saya buat bersama para siswa.
Ada sebuah bus "Gunung Muria" dan sopirnya sedang menghisap rokok "Kudus". Bus tersebut menuju ke daerah "wonoGiri"membawa semen "Gresik" dan alat musik "Bonang". Sesampainya di "Gunung yang banyak Jatinya" bus tersebut tergelincir oleh buah "Apel" hingga menyebabkan terjebur ke "Kali" hingga akhirnya terbakar sampai suhunya 1000 "derajat".
Hehehe.... Mungkin terlihat aneh, namun cerita diatas setelah saya praktekkan di kelas hasilnya luar biasa. Hampir semua siswa saya yang berjumlah 27 anak bisa menghafalkan nama-nama Wali Songo dengan benar. Silahkan dicoba dan mudah-mudahan membawa manfaat bagi kita semua. Aamiin.









Tidak ada komentar

Posting Komentar

Kami tunggu tanggapan Anda!

Terima Kasih.

© all rights reserved
dibuat dengan penuh oleh Wiji Hatmoko